"GE4Z3SqXnldo5harI-z73FTKgI4"

Mengenal Vaksin Kombinasi

Friday, November 22, 2013



Lazimnya, seorang anak akan mendapatkan imunisasi sebanyak 13x dengan jadwal terpisah sebelum anak berusia 5 tahun. Tapi belakangan, ada alternatif pemberian beberapa jenis vaksin digabung menjadi satu suntikan. Imunisasi alternatif ini dikenal dengan vaksin kombinasi atau vaksin kombo. Vaksin kombo merupakan gabungan beberapa jenis virus atau bakteri menjadi satu jenis produk antigen untuk mencegah penyakit yang berbeda. Sehingga cukup diberikan dengan satu kali suntikan saja.
Jenis vaksin kombo yang pertama kali diperkenalkan adalah DPT (Difteri- Pertusis-Tetanus). Setelah terbukti vaksin kombo ini aman maka dibuatlah gabungan beberapa vaksin lainnya seperti DPT + Hepatitis B , DPT + Hib (Haemophillus influenzae tipe-B) , MMR (Mumps Measles Rubella)+ Varisela, DPT + HepatitisB+ Hib+ IPV (polio), dan banyak lainnya.

Kelebihan Vaksin Kombo:

  1. Praktis, Mengurangi frekuensi kunjungan ke fasilitas kesehatan
  2. Ekonomis. Biaya berobat untuk sekali kunjungan sudah mendapat beberapa vaksinasi.
  3. Mengurangi stress dan rasa sakit akibat ditusuk jarum
  4. Lebih banyak jenis penyakit yang bisa dicegah.
  5. Bisa mengejar imunisasi yang terlambat diberikan.
  6. Hanya perlu waktu singkat bagi petugas kesehatan untuk mengadakan program imunisasi.

Kekurangan Vaksin Kombo:
  1. Bisa terjadi ketidak serasian kimiawi akibat tercampurna beberapa jenis vaksin.
  2. Bisa saja membingungkan petugas kesehatan dalam menyususn jadwal imunisasi, khususnya jika anak berpindah-pindah dokter. Untuk itu disarankan sebaiknya meminta dokter menuliskan nama vaksin, tanggal imunisisai dan nomor batch vaksin serta tanda tangannya dalam KMS bayi anda, sehingga dokter yang melanjutkan program vaksi bayi anda, tidak kebingungan menentukan jenis dan jadwal vaksin selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment